shadow

7 Macam Kuliner dan Jajanan Khas di Cirebon Diminati Oleh Wisatawan

7 Macam Kuliner Cirebon yang Harus Anda Nikmati

Jika Anda sedang sekedar berkunjung atau wisata di Cirebon, Jangan Sampai Anda lewatkan sajian kuliner khas cirebon yang enak banget dan sering di buru oleh wisatawan. Berikut ini adalah 7 macam kuliner khas di cirebon

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan nasi putih yang dibungkus dengan daun jati dan boleh ditambahkan dengan berbagai macam pilihan lauk yang disajikan secara prasmanan. Saat ini, daun jati sudah tidak digunakan sebagai pembungkus nasi, melainkan digunakan sebagai alas piring. Banyak aneka Macam Lauk Pauknya Seperti Cumi , Tahu Kuah, Prekedel , Telur Goreng, Daging, ati Ampela, dan sambel istimewa.

2.Empal Gentong

Cara memasak ini yang khas menggunakan gentong. Isinya sendiri merupakan empal yang terdiri dari potongan-potongan daging dan jeroan sapi. Isian yang umum digunakan ialah usus, babat, paru, limpa dan daging sapi.

3.Empal Asem

Yang Sudah Bosan dengan Empal Gentong, Cobalah sensasi Empal Asem Rasa asamnya berasal dari campuran belimbing wuluh dan asam jawa. Bumbu lainnya yang dipakai untuk empal asem adalah bawang merah, bawang putih, daun bawang, merica dan lainnya. Rasanya yang segar, bikin siapa saja ketagihan.

4.Nasi Lengko

Nasi lengko 100 persen tidak mengandung daging, yang hanya berupa sayur mayur dan protein nabati saja. Nasi lengko berupa nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun, toge, daun kucai dan bawang goreng. Itu jadi satu dan disiram bumbu kacang, yang menjadikannya terasa segar dan pasti nikmat.

5.Docang

Tampilannya memang seperti lontong sayur. Namun begitu kena di lidah, rasanya yang gurih dan bikin mata melek begitu lezat. Kuahnya segar, lontongnya bikin kenyang.Harganya pun tak sampai lebih dari Rp. 10.000. Enaknya makan docang saat hangat, maknyus…..

6.Mie Koclok

Mie kocok adalah sajian khas cirebon yang di dalam makanan tersebut ada mie kuning yang di mixing dengan kol, daging ayam, telor dan taoge. Mie Kocok ini biasanya di sajikan dengan menggunakan kuah santan yang khas. Terlebih lagi wisata kuliner di cirebon mie kocok ini di sajikan pada saat masih hangat atau panas.

7.Tahu Gejrot

Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng dan dipotong kecil-kecil. Lalu dimasukan dalam kuah yang sudah dicampurkan cabai, bawang putih, bawang merah dan air gula. Rasanya, asam, manis sekaligus pedas! Tahu gejrot begitu mudah ditemukan di Cirebon, dengan harga cuma sekitar Rp. 6.000 saja per porsi. Tahu gejrot cukup untuk mengganjal perut yang sedang keroncongan. Tapi jangan pakai cabai terlalu banyak ya, takut sakit perut.

Itulah 7 kuliner cirebon yang paling sering diburu oleh wisatawan di cirebon, apakah anda sudah menikmati makanan tersebut hari ini ? Ga perlu repot… pake aja rental mobil cirebon langsung kami antarkan Anda ke tempat kuliner khas cirebon yang ueenakk …. semoga bisa bermanfaat dan terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *